Senin, 05 Agustus 2013

Manfaat Bernyanyi

"manusia biasa melakukan segala sesuatu karena mendapatkan sesuatu demi, untuk, karena" walaupun prinsip ini rada ga bener, tapi menjadi hal yang manusiawi ketika seseorang bertindak untuk mendapatkan manfaat. sedikit bertolak belakang dengan konsep memberi, ketulusan, atau ikhlas. tapi jika ikhlas tidak bisa, dengan modus juga gapapa :) lebih baik melakukan daripada tidak sama sekali.. yuk berikan yang terbaik buat PSM.. apapun motif anda..

ini copast tetangga sebelah :D
Banyak sekali manfaat dalam bernyanyi di paduan suara, salah satunya untuk kesehatan. Sudah dibuktikan bahwa bernyanyi dalam paduan suara ternyata mampu meningkatkan kemampuan paru-paru dan juga menyembuhkan penyakit parkinson. Hal tersebut seperti yang terdapat dalam artikel berikut ini…
Salah satu syarat untuk bernyanyi dengan baik adalah ketrampilan mengatur napas. Ketrampilan ini rupanya tidak hanya berguna untuk menghasilkan suara yang lantang sekaligus merdu, tetapi juga bisa mengatasi berbagai gangguan fungsi paru.
Prof Grenville Hancox dari The Sidney De Haan Research Centre for Arts and Health di Canterbury mengatakan efek bernyanyi dalam paduan suara benar-benar luar biasa. Beberapa pasien yang memiliki masalah dengan fungsi paru-paru bisa bernapas lebih lancar setelah mengikuti paduan suara.
Selain itu, Prof Hancox yang juga pendiri Skylark, semacam yayasan untuk penderita Parkinson juga mengakui manfaatnya bagi penyakit tersebut. Gangguan saraf yang dialami para penderita Parkinson berkurang, tampak dari kemampuannya mengontrol otot pita suara.
Penelitian resmi mengenai efek paduan suara bagi penderita masalah pernapasan memang belum banyak dilakukan. Saat ini, Prof Hancox baru merancang penelitian serupa untuk penderita Penyakit Pru Obstruktif Kronik (PPOK) yang rencananya akan berlangsung 10 bulan.
Sejumlah relawan dengan gangguan PPOK direkrut untuk penelitian itu dan akan terus dimonitor perubahan pada fungsi paru-parunya. Di awal penelitian, penderita PPOK umumnya memiliki napas pendek karena kemampuan paru-paru untuk menampung udara sangat terbatas.
Dalam kaitannya dengan pernapasan, aktivitas menyanyi sudah lama dikaitkan dengan peningkatan volume oksigen di paru-paru. Sebuah penelitian lain di Swedia pernah mengungkap, peningkatan volume oksigen saat bernyanyi dapat meningkatkan produksi hormon senang seperti oksitosin.
Peningkatan hormon oksitosin memang tidak secara langsung memperbaiki fungsi paru-paru. Namun ketika hormon ini meningkat, kadar stres berkurang dan tekanan darah menjadi lancar sehingga distribusi oksigen dari paru-paru ke organ lain menjadi lebih baik.
“Sudah banyak contoh dokter yang meresepkan olahraga sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Saya pikir, mengapa tidak meresepkan bernyanyi juga?” ungkap Prof Hancox seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (13/8/2011).
Artikel lainnya menyebutkan bahwa paduan suara dapat menyembuhkan al
Sebuah penelitian menyebutkan bergabung dalam kelompok choir dapat memberi manfaat besar. Menyanyi telah lama menjadi salah satu metode untuk mengekspresikan perasaan, juga sebagai mood-booster bagi Anda yang sedang bad mood. Rupanya khasiat menyanyi tak hanya membuat perasaan Anda lebih ceria, tapi juga tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.
Para peneliti dari Jerman menyebutkan, bergabung dalam kelompok choir dapat meningkatkan kebugaran fisik dan mental. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan di antaranya meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stress, menangkal depresi, hingga mencegah Alzheimer (suatu kondisi di mana sel-sel saraf di otak mati, sehingga sinyal-sinyal otak sulit ditransmisikan dengan baik).
 Menyanyi bersama-sama juga dapat mencegah timbulnya gangguan paru-paru karena teknik pernapasan yang digunakan saat bernyanyi membuat jalur napas menjadi lancar. Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (20/12), kekompakan yang perlu dijalin dalam kelompok paduan suara juga membuat rasa saling memiliki dan solidaritas semakin tinggi. Dalam reality show The Choir yang ditayangkan kanal BBC2, para pesertanya juga terlihat lebih bahagia dan percaya diri setelah menjalani karantina bersama choirmaster Gareth Malone.
Riset ini juga mencatat, menyanyi membawa manfaat lebih besar ketimbang hanya mendengarkan. Para anggota choir tercatat mengalami peningkatan level antibodi sebesar 46 persen hanya dengan menyanyikan lagu Requiem dari Mozart. Angka ini jauh lebih besar daripada hanya sekedar mendengarkan lagu karya komposer legendaris itu.
Jelas sekali bahwa paduan suara memiliki sangat banyak manfaat dalam kesehatan dan hal tu telah diakui oleh para ahli.
Oleh :
Florentina Tiffany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar